Saturday, October 6, 2012

Integrated Body Armor [VEST, BODY ARMOR & CHEST RIG]

Integrated Body Armor (IBA) merupakan vest yang digunakan militer US pada saat Iraqi Freedon hingga sekarang. Bentuknya menyerupai jaket tanpa lengan dan umumnya digunakan oleh regular troops seperti Infantry division, USMC regular unit dan unit US Army lainnya. IBA menggunakan sistem MOLLE namun tidak semodular vest lainnya yang menawarkan lebih banyak option pemasangan pouch karena webbing yang tersedia tidak sebanyak vest CIRAS.

Extra Features >
Penyempurnaan jenis ini dilakukan dengan adanya OTV Interceptor Body Armor. Secara bentuk dan desain sangat mirip, namun sudah dilengkapi beberapa protection tambahan seperti pelindung groin dan leher. IBA vest dapat disisipi dengan SAPI plate, yakni pelat pelindung yang aslinya berbahan keramik. SAPI plate ini, tergantung levelya, dapat menahan peluru kaliber sampai dengan 7.62mm.

The right way to use it >
Jika ingin mengikuti impresi US military saat Iraqi freedom, maka disarankan menggunakan BDU motif DCU dengan IBA vest motif woodland. Memang kontras sekali warna desert dengan hijaunya woodland vest, namun di lapangan, kombinasi itulah yang umum digunakan, baik oleh US Army maupun USMC.

Paska 2005, setelah diresmikannya motif ACUPAT sebagai standard US Army, maka motif IBApun beralih ke camo yang sesuai. Sering pula dijumpai di lapangan, para serdadu Amerika mengenakan vest tambahan di luar IBA seperti FLC (Fight Loading Carrier) untuk memaksimalkan jumlah load equipment yang bisa mereka bawa pada saat operasi. Perlu diingat juga bahwa penggunaan IBA motif ACUPAT hanya digunakan oleh jajaran US Army dan tidak oleh angkatan US lainnya seperti marines dan airforce.




Replica : Yes
Availability : Jarang, special order by local supplier or online purchase from HK
Price : Replica (affordable), Genuine (expensive)
Impression : Reguler army of US military forces
  • US Army during Iraqi Freedom with DCU motif dengan IBA motif woodland
  • US Army with ACUPAT BDU dengan IBA motif ACUPAT

No comments:

Post a Comment

Malang Raya Airsoft Combined team Community