Saturday, October 6, 2012

CIRAS [VEST, BODY ARMOR & CHEST RIG]

Singkatan dari Combat Integrated Releasable Armor System merupakan combat vest standard US Special Forces Operations. Dipakai oleh unit-unit elit militer US seperti MEU, Delta SFOD, SEALs, Green Beret, CIA SAD hingga LEA (law enforcement agencies) seperti FBI HRT unit dan Secret Service.


CIRAS selain terlihat keren, juga sangat fungsional karena MOLLE systemnya tersebar dengan rata di semua permukaan vestnya. Jadi operator bisa menyesuaikan placement pouch sesuai kehendak dan kebutuhan operasi, misalnya untuk 3 days mission, CIRAS bisa dimaksimalkan dengan attachment mag pouch hingga 5 pouches (1 pouch bisa diisi 2 mag M4 dan 1 pistol mag), lalu di bagian belakang bisa diattach dengan MAP (Modular Assault Pack), semacam backpack yang berfungsi juga sebagai hydration system dan aksesoris lainnya seperti admin pouch, medic pouch hingga sisipan kecil seperti CYALUME (glow stick) atau flare. Sedangkan untuk rapid mission, CIRAS bisa diminimalisasi dengan melepaskan bawaan yang tidak perlukan, namun tetap menjaga proteksi tubuh karena sama seperti IBA, bisa dilapis SAPI plate di bagian dalam, depan & belakang. Fitur terakhir yang dimiliki adalah ‘Quick Release’ system, dimana CIRAS dapat dilepas secara cepat dengan satu tarikan handle yang ada di bagian dada depan. Fitur ini diperuntukan bagi personel yang terluka agar dapat segera ditangani oleh medik tanpa perlu melepas vest terlebih dahulu yang bisa memakan waktu. Quick Release system ini sudah diakomodasi oleh replika buatan Pantac dan KW1, namun belum semua replika lokal memilikinya karena memang mekanismenya agak rumit.

Cool Facts >
CIRAS merupakan salah satu vest popular di dunia airsoft, karena banyak referensi US Special Forces yang terlihat mengenakan jenis ini. Maka dari itu banyak sekali replika yang tersedia, mulai dari local made sampai buatan Cina (KW2, KW1). Jika ingin serius di gear maka disarankan paling tidak untuk mencari kualitas KW1 (buatan HK), karena bahan yang digunakan biasanya jauh lebih baik dari local & juga potongan serta rasa pas di badan lebih enak, mengikat dibanding jahitan tangan yang mudah loose. Bila punya budget lebih tidak ada salahnya memesan CIRAS keluaran PANTAC, yang berbahan Nylon 1000D Cordura (masuk kategori super KW, satu level di bawah original). Apabila anda termasuk gear freak & unlimited budget maka silahkan go all the way dengan membeli CIRAS genuine keluaran EAGLE INDUSTRIES USA yang harga kosongannya (tanpa pouch, vest only) bisa mencapai US$500 tapi dijamin tidak menyesal dengan kualitas yang didapat.

Personally, CIRAS merupakan vest favorit saya, karena faktor safety, feeling mengikat tubuh hingga enak saat dibawa skirmish & pastinya terlihat keren bila kombinasinya pas.




Replica : Yes
Availability : Banyak. Pesan ke local supplier, atau online purchase untuk KW1
Price : Replica Local (Cheap), Replica KW1 (Affordable), Replica Super (Expensive)
Impression : US Special Forces all elements seperti
  • US Navy SWCC, Army Rangers (CIRAS warna OD atau Ranger Green < langka)
  • MEU (CIRAS Tan atau Coyote Brown),
  • SEALs, Delta SFOD, Green Beret (CIRAS Coyote Brown)
  • CIA SAD (CIRAS black), FBI HRT (CIRAS OD)

No comments:

Post a Comment

Malang Raya Airsoft Combined team Community