Tuesday, October 9, 2012

CHEST RIG [VEST, BODY ARMOR & CHEST RIG]

Selain vest yang fungsinya melindungi tubuh, ada juga rig atau kerap disebut chest rig, yakni suatu gear yang fungsi utamanya adalah untuk membawa perlengkapan operasi seperti extra mag, medical kit, ransum dll tanpa menghiraukan fungsi pelindung tubuh. Jadi kebanyakan model chest rig, berpenampilan terbuka di bagian dada & punggung. Kadang para pengguna, mengakali kekurangan tersebut dengan mengkombinasikan chest rig dengan personal body armor.

Desain chest rig sangat beragam & pada awalnya banyak digunakan oleh Negara-negara blok timur seperti bekas Uni Sovyet & Vietnam, maka tidaklah heran kadang suka timbul persepsi bahwa penggunaan chest rig identik dengan impresi ‘bad guys’ padahal tidaklah demikian. Malahan, beberapa dekade terakhir, pabrikan gear barat seperti LBT (London Bridge Trading), EAGLE INDUSTRIES, BLACKHAWK dan lain-lain mulai memperkenalkan banyak desain chest rig yang terlihat unik dan keren.

Memang penggunaannya oleh militer resmi bisa dibilang kalah dibanding vest & body armor, namun pada akhirnya banyak sekali PMC operator yang memilih menggunakan jenis ini. Tak mau ketinggalan, pihak Hezbollah & Hamas juga mulai menggunakan sejenis chest rig buatan mereka sendiri untuk digunakan dalam konflik melawan Israel. Apabila dipadukan secara benar, maka tampilan chest rig tidak akan kalah dengan vest lengkap.

 

Replica : Yes
Availability : Tersedia cukup banyak di reseller local & toko airsoft
Price : Local (cheap), KW1,2 (good quality, affordable)
Impression : PMC operator, Hezbollah, Hamas

No comments:

Post a Comment

Malang Raya Airsoft Combined team Community