Thursday, November 22, 2012

Tune UP Kit


Saat kita ingin upgrade airsoftgun kita, perlu diperhatikan bagian-bagian mana yang penting untuk diganti.

1. Per. Gunakan selalu per dengan panjang yang sama dengan per asli dari airsoftgun yang ingin kita upgrade, tetapi dengan Bahan yang lebih keras. Hal ini ditujukan supaya piston dan spring guide tidak terlalu tertekan


pada saat posisi normal, karena per yang lebih panjang, tetapi tetap melontarkan piston dengan lebih keras.

2. Spring guide. Saat mengganti per, sebaiknya spring guide juga diganti ke bahan yang sudah metal (jika sebelumnya spring guide hanya terbuat dari plastik atau bahan lain yang lebih lunak dari metal). Hal ini ditujukan, agar spring guide tidak mudah patah.

3. Bearing yang digunakan sebaiknya terbuat dari metal.

4. Pasak pada gear sebaiknya terbuat dari metal. Pada beberapa airsoftgun, meski gear dan gearbox sudah metal, tetapi seringkali didapati bahwa pasak atau poros pada gear masih dari bahan plastik, seperti produk Well R6. Hal ini sebenarnya tidak terlalu fatal, tapi bisa menyebabkan kefatalan pada jangka panjang. Dengan berputarnya gear, maka porosnya otomatis akan tergesek. Oleh sebab itu sebaiknya terbuat dari metal juga.

5. Inner barrel sebaiknya terbuat dari kuningan. Hal ini dimaksudkan agar inner barrel lebih tahan lama dan tidak memuai seperti bahan almunium. Tetapi yang menjadi kekurangan adalah, almunium tidak bisa berkarat, sedangkan kuningan bisa karatan, jadi sangat penting inner barrel selalu dibersihkan setiap kali sehabis skirmish. Inner barrel dapat dibersihkan dengan cara memakai "rod cleaner" yang didapat saat membeli airsoftgun, dan cara pemakaiannya pun ada di setiap buku manual. Jangan lupa memakai silicon oil/silicon spray sebagai cairan pembersih, jangan gunakan WD-40 atau cairan pembersih lain yang mangandung karosin/minyak tanah, karena jika terkena karet hop-up atau bagian plastik dan karet lain di dalam airsoftgun, maka dapat terjadi kemungkinan merusak bagian-bagian dari karet dan plastik tersebut.

Pada setiap kali upgrade, jangan lupa juga mengganti batere dengan kapasitas amper yang jauh lebih besar, agar batere tidak cepat habis. Sementara untuk voltase, untuk mendorong per dengan ukuran 120, masih bisa digunakan batere 8.4 volt, tidak perlu
mengganti dengan ukuran 9.6 volt

No comments:

Post a Comment

Malang Raya Airsoft Combined team Community