Wednesday, October 17, 2012

PCU (Protective Combat Uniform) [BDU]

Keluaran ORC Industries, US gosipnya untuk menyaingi ketenaran Gorka Suit buatan Russia. PCU terdiri dari atasan & bawahan dengan warna Alpha Green, warna yang sangat unik karena cocok digunakan di berbagai medan namun tetap bisa blending dengan sekitar. Atasan berupa semacam jaket water resistant lengkap dengan hoodie & bawahan juga
dengan material yang sama dengan karakter khas patch hitam di bagian betis dalam.

PCU belakangan ini mulai populer di kalangan militer US & banyak digunakan di lapangan oleh unit-unit elit seperti SEALs, USAF Pararescue Jumpers (PJ) & Army Rangers. Norma penggunaan memang tidak ada bakunya, namun bila hendak mengejar impresi mereka, maka biasanya atasan PCU dipadukan dengan bawahan BDU ACU untuk Rangers atau DCUpun masih bisa, lalu untuk SEALs special operation VBSS (Vessel Board Search & Seizure), menggunakan full set PCU. PCU sangat cocok digunakan dengan boots non-issued juga seperti Merrell Sawtooth atau Asolo.

Kabar baiknya, PCU sudah ada replikanya, sehingga Airsofter yang ingin bergaya ala SEALs atau Rangers in PCU punya kemungkinan lebih besar mendapatkan impresi tersebut karena harga replikanya jauh di bawah aslinya keluaran ORC Industries yang sangat mahal. PCU replika sudah saya tes sendiri secara pribadi & memang cukup nyaman digunakan, tidak hanya pada saat skirmish namun juga untuk casual wear, terutama pada musim hujan belakangan ini. Warnanya yang kalem sangat cocok digunakan & tidak menarik perhatian seperti bila kita menggunakan jaket loreng.

  

PCU masih tergolong langka di Indonesia, karena replikanya pun belum lama keluar di HK, tapi trend PCU tampaknya akan segera mewabah ke gear mania, melihat makin banyakanya foto refrensi PCU yang digunakan oleh US Special Forces yang kadang too damn good to look at.

No comments:

Post a Comment

Malang Raya Airsoft Combined team Community