Wednesday, October 3, 2012

MICH HELMET

Singkatan dari Modular Integrated Communication Helmet atau dikenal juga dengan nama ACH (Advanced Combat Helmet). Inilah tipe helm yang aktif di kalangan US military baik untuk regular troops maupun special forces. Militer Negara lainpun mulai menggunakan helm jenis ini seperti Canada & Australia. Aslinya diproduksi oleh pabrikan MSA dan GENTECH dari US, helm MICH merupakan penyempurnaan dari helm PASGT. Dengan desain yang lebih ringan dan compact, MICH mengutamakan safety sekaligus efektifitas perangkat komunikasi headset yang kerap digunakan di lapangan. MICH ada beberapa tipe mulai dari yang paling umum yakni MICH 2000, MICH 02 dan 03.
Airsofter yang ingin mengikuti impresi US military, wajib memiliki helm tipe ini, namun memang tidak mudah mendapatkannya, karena walaupun sudah tersedia replikanya, populasi replica MICH di Indonesia masih belum sebanyak PASGT.

Extra Features >
MICH bisa dilengkapi dengan mounting untuk pemakaian NVG (night vision goggle) yang banyak digunakan US military. Jenis mounting MICH ada yang standard, adapula jenis baru yang dinamakan NOROTOS, berbentuk segitiga di bagian depan helm. Biasanya impresi akan terlihat lebih maksimal apabila MICH dilengkapi dengan mounting tersebut (walaupun tanpa NVGnya, karena mahal sekali & replikanya pun mahal). Penggunaan Velcro patch pada bagian samping dan atas helm juga kerap digunakan oleh US Special Forces.

Cool Facts >
US Special Forces (Green Berets, Delta SFOD, Rangers) diberi kebebasan untuk modifikasi helm MICH mereka sesuai kebutuhan misi operasi. Jadi masing-masing operator kerap terlihat mengecat MICH mereka sesuai lingkungan operasi yang dijalani dan melengkapi helm tersebut dengan berbagai macam aksesoris seperti NVG mount, patch, surefire helmet light serta emergency beacon.





Replica : Yes
Availability : Jarang, order replica from HK, buy genuine from eBay
Price : Replica (expensive), Genuine (very expensive)
Impression : All elements of US military now actively wearing MICH
  • US Army all elements (Infantry, Mountain Div, Airborne) dengan helmet cover sesuai uniform (ACUPAT)
  • USMC (regular marines dengan helmet cover desert MARPAT, sedangkan MEU tanpa helmet cover, warna TAN dengan full aksesoris)
  • US Special Forces (Green Berets, Delta SFOD, Rangers, SEALs, tanpa helmet cover, warna custom paint dengan full aksesoris)

No comments:

Post a Comment

Malang Raya Airsoft Combined team Community