Monday, October 22, 2012

BLACKHAWK CQC [HOLSTER]

Dikenal sebagai produsen military gear berkualitas, Blackhawk mempunyai paten atas teknologi holster keluarannya. Dikenal dengan teknologi SERPA locking system, dimana pistol bisa dilock dalam posisi yang aman namun pada saat ingin digunakan, operator tinggal
menekan tombol dan pistol langsung dapat tercabut dengan mudahnya tanpa perlunya strap atau Velcro lock yang kadang menyulitkan saat ingin mencabut pistol dari holster.

Holsternya sendiri pun dibuat untuk semua jenis handgun yang ada, mulai dari tipe 1911, Sig Sauer, Beretta, Glock, HK USP hingga revolver pun ada dan untuk semua varian tipe tersebut. Bentuk holster yang dimolding sesuai dengan varian juga membuat holster yang dikenal dengan nama dagang Blackhawk CQC (Close Quarter Concealement) ini sangat efektif untuk combat use.

Selain holsternya, Blackhawk juga menyediakan beberapa jenis attachment untuk operator, karena standard attachment holster CQC ini hanya untuk di pinggang (biasanya tersedia 2 jenis, untuk sabuk ukuran kecil dan sabuk ukuran besar). Apabila holster ingin diattach di paha, maka tersedia Tactical Modular Drop-Leg Platform dimana holster CQC bisa dipasang langsung dengan sistem 3 baut. Drop-Leg yang juga terbuat dari bahan polymer khusus, drop-leg ini diattach ke pinggang operator dengan Y-Harness untuk pergerakan maksimal pada saat operasi. Selain holster, drop-leg ini juga bisa memuat ekstra pistol mag, keluaran Blackhawk juga tentunya dengan sistem attachment yang sama.

Kabar baiknya bagi para Airsofter Indonesia, holster Blackhawk ini sudah tersedia replika keluaran Cina yang harganya jauh lebih bersahabat daripada originalnya yang lebih dari satu juta rupiah dan banyak dijual oleh para seller maupun toko-toko airsoft di Indonesia. Dengan teknologi yang sama dan tampilan yang nyaris tidak ada bedanya, holster CQC ini saya rasa akan menjadi populer dalam waktu dekat. Namun memang ada banyak perbedaan kualitas, terutama dalam sistem SERPA locking system, dimana replikanya tidak mengikat secara kuat dan apabila digunakan dalam skirmish yang cukup banyak bergerak maka akan mudah lepas. Selain itu material yang terbuat dari plastic ABS biasa jelas berbeda dengan material original Blackhawk yang terbuat dari Anodyzed Polymer dan Carbon Fibre yang sudah terbukti ketahanannya di medan tempur. Hal terakhir yang menjadi nilai minus adalah ukuran holster yang tidak 100% pas dengan pistolnya, jadi pada saat disarungkan, pistol tidak terkunci secara sempurna dan masih bergerak-gerak di dalam holster. Hal tersebut cukup mengganggu pada saat permainan.

Lucunya, jarang terlihat personil militer asli mengenakan holster jenis ini, hanya ada beberapa foto saja yang menggambarkan mereka menggunakannya, seperti USMC MEU. Tapi, bukan berarti Blackhawk tidak memiliki market yang luas, banyak sekali PMC operator menjadi peminatnya, terutama digunakan dengan style belt attachment.





Replica\t: Yes
Availability\t:

Banyak tersedia di toko airsoft & seller forum/bursa
CQC Tersedia untuk hampir semua tipe: 1911, Glock, Sig Sauer, Beretta, HK
Drop-leg agak susah dicari di Indonesia, ada beberapa seller saja yang sedia
Price\t\t: Replica (Affordable, Rp.300-350K), Original (Very Expensive, > US$100)

Impression\t: all military & law enforcement use, PMC operator

Satu fitur yang sangat bagus dari Modular platform Blackhawk ini adalah bisa dipasangnya holster CQC tersebut di vest dengan sistem MOLLE layaknya pouch. Sistem ini membuat penggunaan holster lebih efektif lagi terutama bila harus bergerak cepat karena kaki tidak terganggu dengan adanya attachment pistol yang kadang cukup berat.


 

No comments:

Post a Comment

Malang Raya Airsoft Combined team Community