Thursday, October 11, 2012

BDU [Battle Dress Uniform]


BDU [Battle Dress Uniform] atau Seragam militer merupakan satu hal yang menjadi kewajiban saat bertugas di medan perang, terutama untuk membedakan mana kawan & lawan. Penggunaan seragam sudah dimulai sejak jaman ‘ancient’ dan mengalami banyak sekali perkembangan hingga kini. Penggunaan bahan protektif yang tebal & berat mulai ditinggalkan demi efektifitas pergerakan & manuver pasukan. Walaupun mungkin lebih rentan cedera,
namun hal tersebut dikompensasi dengan persenjataan yang lebih modern & juga support pergerakan seperti artileri yang dapat melindungi pasukan di garis depan. Potongan seragam pun juga berubah sesuai perkembangan jaman, dimana dulu mungkin emphasis ditempatkan pada penampilan formal, namun saat ini, efektifitas menjadi perhatian utama, terlihat dari tata letak kantong, kancing, jahitan yang dibuat untuk memenuhi syarat efektifitas saat bertempur.

Selain potongan seragam, pola kamuflase juga selalu memainkan peran penting di medan pertempuran. Terbukti efektif di saat pasukan harus berbaur dengan lingkungan sekitar agar tidak tampak oleh musuh, teknologi kamuflase berkembang pesat hingga saat ini. Banyak sekali pola kamuflase yang dibuat untuk menyesuaikan dengan kondsi alam tempat prajurit bertempur mulai dari hutan, gurun hingga urban yang kini banyak mendominasi situasi perang di dunia.

STANDARD US BDU CUTTING
BDU (Battle Dress Uniform), sebenarnya merupakan standard seragam US military sejak 1981 yang digunakan untuk keperluan operasi militer di medan pertempuran (hence the word ‘battle’) & beda dengan seragam untuk upacara dsbnya. Hingga kini, BDU telah mengalami banyak sekali perubahan & saya tidak akan mengulas secara penuh di sini, namun yang akan saya angkat adalah potongan BDU modern yang kini digunakan oleh seluruh jajaran US military & Negara-negara lainnya.

BDU standard memiliki cirri khas yakni peletakan kantong pada lengan yang dilengkapi dengan Velcro patch untuk insignia kesatuan. BDU standard US juga memiliki 2 alternatif kerah, pertama dengan kerah terbuka standard layaknya kemeja biasa (kini banyak digunakan oleh officer & desk operation) & kerah tertutup (banyak digunakan di medan tempur), untuk memberikan proteksi lebih. Letak kantong yang terlihat miring memang sengaja agar lebih mudah pada saat ingin memasukan atau mengambil sesuatu. Pada bagian celana pun, banyak terdapat kantong tamabahan selain pada paha, tersedia kantong pada betis untuk kemudahan pembawaan akesoris seperti pisau atau senter. Disediakan juga insersi untuk protection pads di siku & lutut.

BDU digunakan oleh seluruh jajaran US military forces namun dengan motif kamuflase yang berbeda. Dalam dunia airsoft, penggunaan BDU sudah menjadi lazim & replikanya pun sudah tersedia secara luas, walaupun tidak untuk semua motif. 

 

perbedaan antara BDU model baru (kiri) & lama (kanan)

No comments:

Post a Comment

Malang Raya Airsoft Combined team Community