Wednesday, October 5, 2011

Tips mengukur FPS

Tidak semua orang mampu membeli chronograph untuk mengetahui seberapa kuat airsoft mereka. Walaupun telah melakukan modifikasi berulang-ulang, Anda tetap mengira-ngira berapa besar velocity yang Anda dapat. Untungnya Anda tidak perlu menghabiskan ratusan dolar untuk sebuah chronograph. Pada banyak kasus, sebuah kaleng minuman soda biasa adalah yang Anda perlukan untuk mengukur keberhasilan dari modifikasi yang Anda lakukan.

Pertama, dapatkan sebuah kaleng minuman soda yang KOSONG dan bersihkan. Kaleng Coke dan Sprite adalah yang paling baik sementara kaleng bir dan merek lain memiliki ketebalan yang bervariasi sehingga dapat merusak perkiraan velocity. Berdasarkan pengalaman, kaleng Coke dan Sprite memiliki kekuatan yang konsisten di berbagai negara. Ada 3 permukaan utama dari kaleng minuman soda yang mewakili tingkat kekuatan dan ketebalannya; sisi samping, bawah dan atas. Walaupun permukaan di bagian sisi samping itu mudah penyok, Anda mungkin terkejut kalau bagian ini lumayan tahan dari BB 0.2 yang ditembakkan dari AEG. Sebuah AEG MP5A5 standar yg tidak dimodifikasi akan sulit menembus bahkan satu sisi dari permukaan samping kaleng soda tersebut. Namun, apabila sebelumnya sis tersebut anda tekan dan diratakan, maka BB 0.2 dapat dengan mudah ditembus bahkan dengan handgun spring dengan kekuatan 0.3 Joule! Untuk keperluan pengukuran kali ini, maka bagian sisi permukaan samping kaleng tersebut tidak boleh dirubah dengan cara apapun sebelum tes dilakukan. Permukaan normal dari kaleng yang melengkung akan memberikan resisten tambahan terhadap tembakan airsoft dari jarak 3 kaki (0.9 meter).


Untuk memulai test, mulai dengan memperkirakan permukaan mana yang cocok untuk airsoft Anda. Apabila Anda memiliki airsoft yang masih standar atau dimodifikasi ringan, gunakan permukaan bagian samping. Apabila Anda memiliki airsoft yang dimodifikasi medium, gunakan bagian tengah dari bagian bawah. Apabila tes dengan pemilihan permukaan tersebut berlangsung dengan baik, coba arahkan ke bagian pinggir dari bagian bawah (bagian pinggir dimana bagian permukaan samping bertemu dengan bagian bawah). Bagian pinggir ini lebih keras daripada bagian tengah dari permukaan sisi bagian bawah. Sedangkan untuk mereka dengan airsoft yang telah ddimodifikasi dengan upgrade maksimum, coba arahkan target ke bagian permukaan atas dimana hanya sedikit yang benar-benar bisa menembusnya!


Tentunya tidak ada yang dapat menyamai ketepatan dari sebuah chronograph yang sebeneranya (yang kami gunakan untuk mengukur dan menerjemahkan hasil dari tes kami dengan kaleng soda ini). Menembak kaleng minuman soda merupakan cara yang paling cepat dan efektif untuk mengukur kekuatan rata-rata dari airsoft Anda. Hingga hari ini, pemain airsoft lokal tetap menyatakan airsoft mereka dapat digunakan bermain walaupun airsoft mereka “can bottom capable”. Namun, airsoft yang “can bottom capable” biasanya dijauhi oleh pemain-pemain lain yang sering kali memilih tidak bermain bersama pemain dengan airsoft seperti itu.


Perlu diperhatikan bahwa semua tes dijalankan pada kaleng soda dengan ketebalan yang standar. Pastikan untuk tidak menggunakan kaleng soda dengan tebal kaleng yang terlalu besar yang biasanya ada di beberpa negara. Sebagai contoh, beberapa negara di Asia dan Eropa menggunakan kaleng soda tebal yang sama kerasnya dengan kaleng HFC22.


Perlu diperhatikan pula bahwa semua tes harus dilakukan dari jarak 1 hingga 2 inci dari permukaan kaleng.


Berikut kurang lebih tingkat FPS dari airsoft Anda apabila berhasil untuk menembus sisi manapun dari permukaan kaleng dalam SATU tembakan! Menembus dalam artian BB harus langsung menembus kaleng dan berakhir di bagian luar kaleng. Retak atau menancap di permukaan kaleng tidak dihitung!


SATU SISI (BB tetap di dalam kaleng setelah menembus satu permukaan) --------- 290 to 310fps


KEDUA SISI (BB dapat menembus kaleng dan berada di sisi lain dari kaleng) ----------350 to 370fps


BAGIAN BAWAH (TENGAH)

--------- 430 to 450fps

BAGIAN BAWAH (PINGGIR)

----------450 to 470fps

BAGIAN ATAS (PINGGIR)

--------- 480 to 510fps

BAGIAN ATAS (TENGAH)

---------520 to 540fps

CATATAN: Tes ini tidak dilakukan sebagai pengganti Chronometer yang sebenarnya. Tidak disarankan sebagai alat ukur dalam menentukan batas FPS dalam sebuah wargame. Hasil pengukuran tidak 100% akurat hanya sebagai bahan perbandingan saja. SELALU gunakan goggle atau pelindung mata ketika melakukan tes ini.


(dikutip dari forum Kaskus)

No comments:

Post a Comment

Malang Raya Airsoft Combined team Community